Capaian Pembelajaran #PSP

Capaian Pembelajaran Bidang Seni Rupa

Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Istilah capaian pembelajaran kerapkali digunakan bergantian dengan kompetensi, meskipun memiliki pengertian yang berbeda dari segi ruang lingkup pendekatannya.

Capaian pembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi. Capaian pembelajaran harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai.

Bagaimana menggunakan capaian pembelajaran dengan prinsip pembelajaran yang disesuaikan tingkat pencapaian siswa ?
Acuan pada capaian pembelajaran digunakan dan disesuaikan dengan kondisi dan tingkat pencapaian siswa. capaian tersebut bisa digunakan untuk acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan asesmennya. 
Misalkan, pada fase A bidang seni rupa dengan rentang jenjang kelas 1-2 SD, mereka memasuki periode pra-bagan yang artinya peserta didik bisa menggunakan geometri untuk merespon objek dari dunia sekiatrnya. berarti pada fase ini kurang lebih anak akan mampu menggambar geometri, seperti bola yang berbentuk bulat, meja yang berbentuk persegi dll. dari sini kita bisa menggunakan capaian pembelajaran sebagai acuan pembelajaran.

Bagaimana implikasi pada pembelajaran di mata pelajaran yang di ampu ?
pada kesempatan ini saya akan memberikan gambaran dari mata pelajaran seni rupa kelas 7, dimana peserta didik kelas 7 masuk pada fase D
pada fase ini anak sudah mampu menuangkan pengalamannya melalui visualnya secara rinci yang ditandai dengan penguasaan ruang, proporsi dan gesture. dan dapat membuat karya atas dasar perasaan maupun budaya sehari-hari.
Misalkan dalam kegiatan belajar berkreasi dengan membuat gambar atau menggambar batik / ragam hias.


Baca juga

Posting Komentar