IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF MEMNFAATKAN RUMAH BELAJAR DI SMP NEGERI 4 KRUI



Pandemi menjadi sebuah "lecutan" untuk diri ini berusaha belajar banyak hal terkait teknologi pendidikan. bertaburannya pelatihan dan kegiatan untuk pengembangan diri guru di masa pandemi saat ini menjadi refrensi untuk mencari solusi pembelajaran apa yang kira-kira pas dan mampu digunakan oleh guru maupun peserta didiknya.

Terutama pembelajaran Seni Budaya, yang biasa tertawa bersama, bernyanyi bersama, menari bersama, kini hanya terpisahkan oleh layar. Namun, bagaimana caranya agar anak-anak tetap mendapatkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan?

Beberapa model pembelajaran yang saya gunakan selama pandemi ini, disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang sering saya gunakan adalah Project Based Learning (PjBL)

Model pembelajaran ini adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, sikap)

Bedanya, pada masa pandemi ini, segala proses kegiatannya dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan Rumah Belajar dan teknologi lainnya untuk menunjang kegiatan ini.

Ada 6 langkah kegiatan yang dilaksanakan dala pembelajaran ini.

1. Menentukan pertanyaan mendasar

Pada kegiatan ini, guru sebagai fasilitator "memancing" siswa kesiapan akan materi melalui pertanyaan-pertanyaan. Saya memanfaatkan fitur bank soal Rumah Belajar dengan cara membagikan link melalui kelas digital.

2. Membuat desain proyek

Sebelum melaksanakan proyek, saya mengajak siswa untuk merancang kegiatan dan hasil apa yang akan dibuat, namun sebelum itu, kami menyiapkan materi pembelajaran melalui sumber belajar Rumah Belajar dan membuat tutorial yang diunggah di Youtube, kemudian menentukan aplikasi yang digunakan. Seperti aplikasi Cam Scanner dan Autodesk Sketchbook untuk bab menggambar model.


3. Menyusun jadwal

Kegiatan ini kami berkolaborasi, saya dan peserta didik untuk menentukan kapan tahapan kegiatan ini dilaksanakan, berapa estimasi waktunya, hingga deadline kegiatannya melalui chat grup.

4. Memonitori kemajuan proyek

Kegiatan ini sangat penting sekali dilaksanakan untuk memudahkan kita memantau sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan, memberi pembimbingan melalui Google Meet, atau bagi siswa yang kesulitan mendapatkan sinyal, bisa menggunakan chat.

Selain itu juga siswa bisa mengirimkan proses kegiatan dengan bantuan dokumentasi dari orang tua atau hasil screenshot kegiatan.

5. Penilaian hasil

Setelah melakukan produk, siswa diminta untuk mengunggah hasil karya di media sosial dan mengirimkan link pada guru.

6. Evaluasi pengalaman

Setelah siswa mengumpulkan tugas, guru memberikan lembar evaluasi online kepada siswa terkait pengalaman belajar, dan juga memberikan penguatan, pembahasan, dan kesimpulan dari pembelajaran tersebut.

Penjelasan kegiatan diatas, dapat dilihat melalui Vlog Implementasi Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Rumah Belajar

Baca juga

Posting Komentar